1st Sponsor

Minggu, 27 November 2011

BeBlog Sukses Menjadikan Ratusan Guru menjadi Blogger

Bersyukur karena selama ini saya bisa kongkow bareng bersama Blogger Bekasi, dimana komunitas ini selalu melakukan hal-hal yang berbau mistik dalam setiap gerakan sosialnya. Ibarat pesulap yang membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada, dalam komunitas inilah kegiatan mistik itu selalu diterapkan.

Beberapa hari yang lalu komunitas BeBlog (Blogger Bekasi) telah menjalankan agenda-agenda resminya, yaitu Amprokan Blogger 2011 kemudian semakin menjalar untuk melakukan kegiatan Blogshop untuk para IGI - Bekasi (Ikatan Guru Indonesia). Sangat terbilang sukses, karena acara blogshop ini telah berlangsung selama 2 kali dalam waktu dan tempat yang berbeda-beda di Islamic Center dan gedung Pemerintahan Kota Bekasi. Dalam kegiatan ini saya beserta rekan-rekan dari Blogger Bekasi diminta sebagai panitia pelaksana untuk kegiatan BeBlog. Meskipun keadaan cuaca kian menggalau kami selalu menjalankannya dengan tekad yang berapi-api untuk sebuah tujuan yang sangat mulia ini, dimana sebuah blog akan dijadikan media pembelajaran, harapannya adalah para guru dapat berbagi kepada para muridnya, baik itu dalam pengalaman ataupun berbagi ilmu yang katanya ilmu itu sangat mahal harganya!

Terkejut!!! Dalam pelatihan blogshop yang pertama, peserta melebihi batas yang telah di tentukan! Beberapa calon peserta yang tidak mendapatkan jatah kursi tersebut, maka dengan berat hati kami terpaksa harus di pulangkan, padahal pihak panitia sudah melakukan sms ke setiap calon peserta, namun antusias para guru inilah yang akhirnya membuat pilihan untuk melakukan pelatihan Blogshop yang kedua dan  bahkan dua orang siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama pun sangat berantusias untuk mengikuti pelatihan blog ini, dengan datang tepat waktu sehingga mendapatkan jatah kursi paling depan. Kendala pada saat itu adalah ada banyak dari beberapa guru yang belum memiliki sebuah email, sebenarnya lebih dikatakan kalau mereka memiliki email namun lupa dengan kata sandi karena para guru tidak pernah membuka email. Hal inilah yang membuat waktu menjadi ngolor ngidul alias ngaret.

Pelatihan pertama menjadikan sebuah pengalaman yang berharga, untuk mengantisipasi kegagalan yang tak terduga kami memutuskan untuk mengambil jalan pintas sebelum pelatihan yang ke dua kalinya dilaksanakan, yakni para calon peserta dari para guru harus memiliki email dalam kondisi aktif dan sebisa mungkin harus memiliki email dari akun Google. Hasilnya kegiatan Blogshop kedua ini berjalan sangat lancar dan jauh lebih sukses dari kegiatan blogshop yang pertama.

Menurutku, sudah selayaknya potensi guru harus dikembangkan lebih bagus lagi, tidak hanya dalam sebuah dunia nyata tetapi guru yang cerdas itu harus bisa mengembangkan ilmunya kedalam dunia maya untuk berbagi informasi-informasi penting kepada masyarakat pengguna internet. Special Thanks to Indosat yang sangat peduli terhadap Blogger dan Netizen. Semoga kegiatan yang seperti ini menjadi berkah untuk kita semua yang menjalankannya.


READ MORE - BeBlog Sukses Menjadikan Ratusan Guru menjadi Blogger

Detik - Detik Pertama Ku Menuju Kawasan ASEAN - Bali

Pertama kalinya aku menapakan kaki di atas pulau Dewata ini, aku hanya mempunyai perasaan bangga karena masih dapat di berikan kesempatan untuk melihat keadaan pulau Bali dalam rangka mensukseskan ASEAN Blogger Conference pada tanggal 16-17 November 2011 yang lalu. Keberangkatan ku yang dimulai dari Bandara Soekarno - Hatta itu sangat menyenangkan karena harus menikmati keterlambatan dari salah satu maskapai penerbangan yaitunya Lion Air selama 1 jam, saat itu saya tidak pergi sendirian selalu saja ada yg menjadi hiburan di saat menantikan keterlambatan tersebut, saya bersama mas Bahtiar selaku ketua panitia, kak Sheed dan mas Aan dari BUBU yang kemudian menjadi teman baru ku. Keberangkatan ini merupakan kloter pertama dari pihak Committee ASEAN Blogger Community (ABC) pada tanggal 14 November 2011.

Didalam pesawat saya selalu tersenyum melihat tingkah dari kak Sheed dan mas Bahtiar yang selalu meredakan suasana yang hampa. Disamping itu kami melakukan lomba foto dalam menangkap gambar yang kami peroleh dari Allah Sang Pencipta alam semesta.

Tiba saatnya pesawat yang kami tumpangi di sebuah Bandar udara yang kami nanti-nantikan, yaitu Ngurah rai. Dengan perasaan senang aku melangkahkan kaki pertamaku di pulau Dewata, dalam hati aku mengatakan "wow gue nggak percaya bisa datang kesini secara gratis!!!". Sumpeh deh saking senangnya gw mencari tulisan Ngurah Rai yang tercantum dalam bandara tersebut! Tapi kenapa kagak ketemu? (Efek dari foto mas Yulyanto di BBG haahaha..) Gue gak peduli mau di bilang norak atau katrok pada saat itu! Karena ini kesempatan emas sebelum segudang pekerjaan (Ups Lebay) datang yang sudah membayangi dalam benakku ini, demi membawa nama Indonesia dan suksesnya sebuah event bergengsi ini yaitu "ASEAN Blogger Community". Bagaimanapun sebisa mungkin kami sebagai panitia ingin membuat para peserta nyaman :)

Tak lama berselang saya menaiki sebuah kendaran beroda empat yaitunya Taxi, yang sudah disediakan oleh mas Aan selaku pihak EO, namun dalam perjalanan menuju Hotel perjalanan kami mulai tersendat akibat macet yang katanya orang Bali sangat parah! Padahal macet seperti ini bukan apa-apa bagi ku, hanya saja supir taksi tersebut selalu mengeluh... Aku ceritakan kepada supir taxi tersebut bahwa macet seperti ini masih sangat menyenangkan dibandingkan macet yg pernah saya alami di Bekasi dan Jakarta...

Tak lama berselang, tibalah kami di depan sebuah hotel yang bernama "Pop Harris" jarak Hotel dengan Bandara hanya menempuh waktu sekitar 45-60 menit dengan harga 100 ribu yang menurutku itu tidak begitu mahal :) but di hotel tersebut saya memiliki seorang teman baru yang bernama mas Robby dari Sub EO pihak BUBU. Dan pada saat itu pulalah kami mulai memasuki kamar masing-masing, saya dengan kak Sheed memilih kamar paling pojok. Alhamdulillah kamar yg saya tempati memiliki kelebihan sedikit dalam segi luas kamar.

Setelah selesai dalam urusan ngamar mengamar kami melanjutkan perjalanan untuk mencari makanan dan tepat sekali tidak begitu jauh di depan hotel kami tampak sebuah rumah makan bernama soto betawi, kepleset sedikit juga udah nyampe. Dan  disitulah kami melakukan aktivitas makan pada malam hari. Usai makan kami kembali menuju hotel dan melakukan meeting di halaman depan hotel. Topik kali ini adalah untuk membahas masalah hari esok! Dimana kita akan kedatangan beberapa peserta termasuk para pembicara. Saya, mas Bahtiar, kak Sheed Bientang, mas Aan,  mas Robi dari pihak sub EO dan mas Aji dari pihak Kementrian Luar Negri sudah menemukan langkah teknis untuk strategi pada hari esok... Bahwasannya kita mungkin dpt meminta bantuan kepada beberapa blogger Bali untuk esok harinya. Tugas saya adalah menjemput godiebag di hotel mas Aji tersebut

Sekitar pukul 00.00 tibalah kloter ke 2 yang berisikan para panitia ABC yaitu mbak Indah Juli, Eny, Wiwik dan Chici... Tepat pukul 1.30  dilanjutkan dengan istirahat di kamar masing-masing :) semua sudah tampak teler, hanya aku yang masih terlihat segar bugar... Ini semua karena sebelumnya aku meminum minuman vitamin penambah tenaga seperti yang disarankan oleh sang ketua Committee mas Bahtiar. Ceritanya masih berlanjut yaa... pantengin terus blog gue!

READ MORE - Detik - Detik Pertama Ku Menuju Kawasan ASEAN - Bali

Music